Penjelasan Heading Pada Blog Dan Susunan Pemasangannya

Penjelasan Heading Pada Blog Dan Susunan Pemasangannya

Banyak dari teman-teman blogger khususnya pemula yang masih kurang memahami tentang heading di blog mereka. Salah satu kesalahan yang biasa dilakukan oleh blogger pemula adalah penyusunan heading yang kurang sempurna. Perlu di ketahui bahwa penyusunan tag heading juga sangat berpengaruh pada optimasi SEO onpage blog.

Pentingkah penyusunan heading pada blog...?

Penyusunan heading pada setiap halaman blog atau website sangatlah penting. Ibarat kita menunjukkan pada pengunjung mana yang penting dan mana yang paling penting dalam elemen blog. Untuk itu pastikan anda sudah menerapkan heading pada blog.

Tingkatan atau susunan heading di blog

Singkatnya, heading bisa dikatakan sebagai judul, tapi pada halaman blog tidak hanya ada satu judul saja. Nah, judul ini punya susunan dan tingkatan masing-masing, misalnya beberapa judul dibawah ini:

- Judul halaman/blog
- Judul artikel
- Judul poin artikel
- Judul sub poin artikel
- Judul widget dan lainnya

Penyusunan heading tag (h1, h2, h3 dan  h4) yang benar adalah sebagai berikut:

- <h1> untuk judul halaman
- <h2> untuk judul artikel
- <h2> untuk judul poin
- <h3> untuk judul sub poin
- <h4> Judul widget

<h1> sampai <h4> merupakan kode HTML yang pengaturannya harus dilakukan melalui mode EDIT HTML.

Cara mengatur heading setiap elemen judul

Ada dua perbedaan dalam mengatur tag heading blog yaitu melalui Editor Artikel dan Edit HTML pada template. Untuk mengatur hading tag judul poin dan sub poin bisa dilakukan pada editor artikel. Namun untuk judul lainnya seperti judul halaman, judul artikel dan judul widget tidak bisa dilakukan pada editor artikel, melainkan pada edit HTML template.

Heading dari judul artikel di jadikan judul halaman

Sebelum melanjutkan ke langkah ini, anda harus sudah membuat yang namanya Dynamic heading. Dynamic heading yaitu judul halaman/blog yang selalu berubah-ubah mengikuti judul artikel. Tujuannya tidak lain memberikan tag <h1> pada judul artikel. dengan begitu, Google akan memprioritaskan frasa tersebut sebagai yang paling penting di dalam halaman.

Mengatur judul widget menjadi <h4>

Pada template bawaan blogspot judul widget diberi heading <h2>, untuk itu anda perlu mengubah heading tagnya menjadi <h4>. Langkahnya seperti berikut ini:

- Buka Tata Letak
- Cari nama widget yang akan di ubah heading tagnya (jangan sampai lupa namanya)

Nama widget yang akan di ubah heading tagnya

- Kemudian buka menu TEMPLATE lalu klik EDIT HTML
- Untuk mempermudah, Klik kursor di antara kode HTML kemudian tekan CTRL+F. Lalu akan membuka kotak pencarian/ search box.
- Lalu masukkan nama widget tadi ke kotak pencarian selanjutnya tekan Enter.
- Jika nama widget tadi sudah muncul, saatnya mengubah heading tagnya dari <h2> menjadi <h4>. Jangan lupa heading penutupnya juga di ganti ya... dari </h2> menjadi </h4>. Ubah semua tag heading dari nama-nama widget yang ada.

Merubah heading widget <h2> menjadi <h4>

- Terakhir klik SIMPAN TEMPLATE.

Tag heading di dalam artikel juga perlu di atur

Menurut kami, langkah inilah yang paling mudah. Pada saat anda menulis artikel, pasti akan melihat kotak kecil diatas bertuliskan Normal. Caranya tinggal sorot dan muncul dropdown yang bertuliskan Heading, suheading, Mirror heading dan Normal. Nah anda tinggal klik kotak tersebut untuk memilih Heading untuk <h2> dan subheading untuk <h3>.

Semoga dengan adanya Penjelasan Heading Pada Blog Dan Susunan Pemasangannya kali ini, bisa membatu anda dalam mengatur struktur setiap blog supaya lebih teratur. Pentingnya lagi supaya halaman blog anda lebih mudah di pahami Google.

1 Response to "Penjelasan Heading Pada Blog Dan Susunan Pemasangannya"

Silahkan koment di sini