Cara Mengatasi Video Youtube Kena Klaim Copyright

Cara Mengatasi Video Youtube Kena Klaim Copyright

Pengalaman ini kami dapatkan dari beberapa waktu lalu milik teman kami yang kebetulan dia bermain YouTube. Waktu itu dia mendapati salah satu video yang di unggah di YouTube mendapatkan tanda Matched third party content. Tentu saja dia bakalan panik sih..., namun jika anda juga mengalami hal seperti ini, tapi kami sarankan anda tidak perlu panik. Mari kita baca pelan-pelan seperti apa aturan yang diberikan YouTube perihal pelanggaran copyright ini.

Apa yang dimaksud hak cipta (copyright) ini...? 

Ketika seseorang membuat suatu karya asli yang ditetapkan dalam sebuah media fisik, maka secara otomatis dia akan memiliki hak cipta atas karyanya tersebut. Pembuat konten asli memiliki hak eksklusif untuk menggunakan karya tersebut dengan cara-cara tertentu.

Cara Mengatasi Video Youtube Kena Klaim Copyright

Apa saja yang terlindungi copyright ?

1. Karya audio visual, seperti acara TV, film, dan video online
2.Video game dan perangkat lunak komputer
3. Rekaman suara dan komposisi musik
4. Karya drama, seperti sandiwara dan drama musikal
5. Karya tulis, seperti kuliah, artikel, buku, dan komposisi musik
6. Karya visual, seperti lukisan, poster, dan iklan

Sementara itu Ide, fakta, dan proses tidak tunduk pada hak cipta. Supaya memenuhi syarat untuk mendapatkan perlindungan konten berhak cipta, suatu karya haruslah kreatif dan ditetapkan dalam sebuah media yang jelas. Nama dan judul tidak tunduk pada hak cipta.

Jika dalam Video yang kita unggah ada yang menyertakan musik ciptaan orang lain dan musik tersebut tidak berlisensi bebas, maka ada kemungkinan video kita akan terkena pelanggaran hak cipta. Masalah seperti ini bisa menyebabkan kita terkena klaim Content ID dari pemilik resmi konten tersebut. Klaim content ID itu tidak hanya sekedar musik saja, hal-hal yang seperti tercantum pada pada jenis konten hak cipta bisa saja menjerat video anda dalam pelanggaran ini.

Apa sangsi yang terjadi pada video dan juga akun YouTube jika sudah terkena pelanggaran claim conten ID?

Berdasarkan yang kami baca dari halaman peraturan YouTube, sebenarnya klaim content ID ini bukanlah hal yang buruk untuk akun YouTube kita. Klaim semacam ini bisa diartikan sebuah teguran dari  pihak YouTube bahwa di video kita terdapat sebuah content atau materi karya orang lain.

Segala keputusan sebenarnya terletak pada pemilik materi yang anda pakai itu, segala keputusan klaim terserah pada si pemilik materi asli tersebut. Ada beberapa opsi yang dimiliki para pemilik materi asli tersebut. Sebagian besar mereka para pemilik materi asli akan bisa saja memperbolehkan anda menggunakan materi mereka pada video anda, tapi sebagai imbalannya mereka akan memasang iklan pada video anda tersebut.

note : jika video kita terkena klaim content ID maka kita tidak bisa memasang iklan disana, tapi sebaliknya pemilik asli dari content yang kita gunakan justru bisa memasang iklan pada video anda. 

Para pembuat/pemilik materi seperti ini juga bisa melakukan blok video, bahkan mereka juga dapa t mematikan musik yang anda gunakan dan mereka juga bisa melakukan blok video anda dari berbagai aplikasi, wihh serem yak ? he-he

Apa yang dapat kami lakukan jika video kami terkena klaim conten ID ?

Yang bisa kita lakukan pada video kita yang terkena conten ID ini, semua tergantung pada anda. Beberapa pilihan itu antara lain :

Mengakui klaim
Nah pilihan ini adalah pilihan pasrah. Bila kita menyetujui dengan adanya klaim ini, maka kita tidak perlu melakukan apa-apa terhadap video kita.

Membuang musik/suara
Nah ini adalah cara yang biasa dilakukan, jika kita terkena Conten ID ini kita diberi tools oleh YouTube untuk menghapus lagu tersebut tanpa harus melakukan upload ulang. Tools ini sangat hebat karena mampu menghapus suara hanya pada materi tertentu yang terkena klaim hak cipta.

Menukar musik/suara
Setelah cara membuang lagu diatas, selanjutanya adalah menukarnya dengan lagu yang sudah disediakan oleh YouTube. Ada banyak ribuan lagu yang disediakan YouTube, dan kita tak perlu khawatir akan lisensi.

Berbagi pendapatan
Mereka yang biasa melakukan cover musik, bisa melakukan solusi seperti ini, apa itu...? yakni berbagi penghasilan dengan pemilik konten aslinya.

Menyengketakan atau mempermasalahkan klaim
Solusi ini bagi anda yang merasa memang memiliki ijin atas content yang anda gunakan atau YouTube salah dalam mengindentifikasi video anda.

Dari beberapa solusi diatas tadi, kami menyarankan pada anda untuk melakuan solusi pada poin 1 dan 2 saja. Dengan begitu anda bisa segera memasang iklan kembali pada video tersebut.

Untuk melakukan langkah solusi diatas silakan anda menuju Video Manager pada dashboard YouTube dan kemudian mengedit bagian video yang terkena peringatan. Selanjutnya ikuti saja perintah step by step disana, maka semuanya akan beres dan kembali seperti semula.

Itu tadi tips sederhana dari kami tentang Cara Mengatasi Video Youtube Kena Klaim Copyright. Kita akan bertemu lagi pada artikel Bebasdotnet selanjutnya. Jangan lupa untuk berkomentar ya anda.

10 Responses to "Cara Mengatasi Video Youtube Kena Klaim Copyright"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Kalo videonya emang kontennya lirik lagu gimana bang?

    ReplyDelete
  3. Bang kalo bikin musik yg sama hanya suara vokalnya dan chordnya kena copyright nggk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Membuat musik tapi vokal dan chordnya sama dg aslinya kena copyright nggk bang

      Delete
  4. Kalo kontennya video lirik lagu dan musiknya tidak ada vokalnya gimana cara mengatasinya?

    ReplyDelete
  5. Padahal saya ngambil dari instagram,dan musik pun saya ganti beda sama video aslinya ..kenapa masih kena copryright juga yaa..dah 2 kali youtube saya kena CR.gimana sih solusinya..kaga ngerti dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Copyright itu di videonya
      Hak cipta d arsemen
      Cek aja d studio youtube
      Klik video copyright ny

      Delete
  6. link Nonton Terbaru 2020 http://layarcinemaxx1.com/

    ReplyDelete

Silahkan koment di sini